Headlines News :
Home » » Part 3 - Amalan hati dalam Ibadah Haji dan Umrah

Part 3 - Amalan hati dalam Ibadah Haji dan Umrah

Written By Unknown on Senin, 12 Januari 2015 | 12.47

πŸ’«PendahuluanπŸ’«

Segala puji hanya milik Allah pengurus semesta alam, shalawat dan salam semoga tercurahkan kepada semulia -mulia para nabi dan para utusan nabi kita Muhammad , keluarganya dan semua sahabatnya, adapun setelah itu

Saudaraku

Setelah kita mengetahui pentingnya memperhatikan amalan hati dalam setiap ibadah, maka diakhir tulisan ini akn kita jelaskan tentang buah menghadirkan amalan hati dalam ibadah haji dan umrah dikarenakan kejujuran penghambaan hati karena Allah dalam melaksanakan syi'ar-syiar haji dan umrah diantaranya:

♥1- memotivasi kesemangatan jama'ah untuk melaksanakan rukun-rukun, kewajiban-kewajiban dan sunnah-sunnah dengan sempurna.

♥2- membantu untuk meninggalkan larangan-larangan ihram dan menjauhi kata-kata kotor , kedurhakaan dan bantah-bantahan.

♥3- ibadah-ibadah yang tersembunyi akan membantu kepada ibadah-ibadah yang nampak. 
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah - semoga Allah merahmatinya- berkata: "Apabila engkau memperbaiki yang tersembunyi pasti Allah akan memperbaiki yang dzahir, maka sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertakwa dan mereka yang berbuat baik".

♥4-Sarana yang dengan sebab amalan hati ibadah haji&umrahnya diterima Allah
Maka apabila jama'ah haji dan umrah melaksanakan ibadah-ibadah yang dzahir dan bathin(tersembunyi), maka hal itu
adalah sarana yang  - dengan izin Allah- ibadah haji dan umrah diterima dan pengaruhnya akan mendapatkan pahala yang besar dan mendapatkan kemurahan rabbani.

♥ 5- sarana yang -dengan izin Allah- akan merubah keadaan jama'ah haji dan umrah kepada kehidupan keimanan yang lebih utama

πŸ’Berapa banyak yang dulunya menyia-nyiakan (kewajiban) menjadi baik keadaannya setelah haji dan umrah!
✈Berapa banyak yang mempunyai kebaikan setelah haji dan umrah lebih bertambah baik!
Tidaklah yang demikian itu kecuali karena karunia Allah dan dikarenakan merealisasikan dalam menghadirkan amalan hati dalam syiar-syiar itu.

Dan jika ada yang sebaliknya  yang menyempurnakan hajinya atau umrahnya, akan tetapi tidak ia lihat  tidak adanya perubahan  kepada yang lebih utama, hal demikian itu tidaklah terjadi - Wallahu 'alam- kecuali karena kurangnya melaksanakan amalan hati.

🌻Kisah nyata dari salaf kita yang shalih  keberkahan yang dirasakan karena pengaruh yang baik dari ibadah haji&umrah

🌹-Imam Ibnu Qayyim menceritakan apa yang dirasakannya ketika ibadah haji dan umrah, beliau bisa menulis beberapa karangannya yang berharga-permulaan menulis atau penyempurnaan-ketika berada dimekkah, dan diantara yang ditulis ibnu qayyim rahimahullah dimekkah kitab yang berfaidah yaitu miftah dar assa'adah.

Dalam pendahuluan kitab miftah daar sa'adah beliau mengatakan: "Bahwa hal ini merupakan salah satu karunia yang Allah bukakan kepadaku ketika pokusnya aku kepada-Nya disisi Rumah-Nya, dan aku lemparkan diriku dipintu-Nya  dalam keaadan miskin dan hina dina, dan harapanku kepada hembusan rahmat-Nya dirumah-Nya  dan sekelilingnya diwaktu pagi dan sore, maka tidak rugi yang menurunkan kebutuhannya dan mentergantungkan cita-citanya kepada-Nya, dan selalu berdiri singgah dipintu-Nya dan penjagaan-Nya". (Miftah dar sa'adah 1/126) cetakan dar 'alam fawaaid.

🌹-Imam Muhammad Attamimi -semoga Allah merahmatinya-tatkala haji ke baitullah, ia berdiri dimultazam, dan meminta kepada Allah untuk memenangakan agama Allah ini dengan dakwahnya, dan untuk Allah karuniakan kepadanya penerimaan dari manusia. Lihat Addurar assanniyyah 12/8.

♥6-akan mendapatkan manisnya iman , kedekatan dengan Allah, kegembiraan, ketenangan ditengah-tengah pelaksanaan ibadah haji & umrah karena kejujuran penghambaan hatinya karena Allah yg merupakan ruh amalan anggota badan.

Tentunya tidak kita pungkiri berbeda-bedanya kita dalam hal itu, maka sesuai dengan perealisasian kita dengan amalan hati dalam haji kita dan umrah kita pasti akan kita rasakan lezatnya keimanan , kedekatan dg Allah, kegembiraan, ketenangan dalam syi'ar-syiar ibadah yang kita lakukan

Demikian nasehat tentang penting amalan hati dalam setiap ibadah dan buahnya secara khusus dalam syi'ar-syiar pelaksanaan haji & umrah..

Semoga bermanfa'at.
Disarikan dari buku " A'mal Qulub fii Al-Hajji Wa Al-Umrah"'Abdullah Al-'Anzi oleh Ustadz Nuruddin Abu Faynan, Lc.
Makkah 25/2/1436 H.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translator

 
Copyright © 2011. Nuruddin Abu Faynan, Lc. - All Rights Reserved