Betapa banyak orang yang shalat, namun dia tidak mendapatkan apa-apa selain kelelahan ...
Betapa banyak orang yang berpuasa, namun dia tidak mendapat apa-apa selain lapar & dahaga ...
Betapa banyak amal yang dilakukan, namun ternyata tidak bernilai pahala di sisi Allah ...
✏ Inginkah anda tahu rahasia diterimanya amal ibadah ?
Agar ibadah yang kita lakukan diterima di sisi Allah ta'ala, ada dua syarat yang harus terpenuhi, yaitu:
✏ IKHLASH (Memurnikan ibadah hanya kepada Allah ta'ala)
✏ ITTIBA' (Mengikuti petunjuk Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam)
Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang MEREALISASIKAN ITTIBA', agar ibadah yang kita kerjakan tak sia-sia.
Perlu diketahui bahwa ittiba' atau mutaba’ah (mengikuti Nabi Muhammad shallallahu
'alaihi wa sallam) tidak akan tercapai kecuali apabila amal yang
dikerjakannya sesuai dengan syariat, dalam enam perkara:
• Pertama: sebab
• Kedua: jenis.
• Ketiga: kadar (bilangan).
• Keempat: kaifiyah (cara).
• Kelima: waktu.
• Keenam: tempat.
Perinciannya sebagai berikut:
✔ Pertama: Sebab
Jika seseorang melakukan suatu ibadah kepada Allah dengan sebab yang
tidak disyariatkan, maka ibadah tersebut adalah bid’ah, dan tidak akan
diterima (ditolak).
Contoh: Ada orang yang melakukan shalat
tahajjud pada malam dua puluh tujuh bulan rajab, dengan dalih bahwa
malam itu adalah malam mi’raj Rasulullah r (dinaikkan ke atas langit).
Shalat tahajjud adalah ibadah, tetapi karena dikaitkan dengan sebab
tersebut maka menjadi bid’ah. Karena ibadah tadi didasarkan atas sebab
yang tidak ditetapkan oleh syariat. Syariat ini – yaitu: ibadah harus
sesuai dengan sebab yang syar’i – adalah penting, karena dengan demikian
dapat diketahui beberapa macam amal yang dianggap sunnah, namun
sebenarnya adalah bid’ah.
✔ Kedua: Jenis.
Yaitu: ibadah itu harus sesuai dengan jenis yang telah disyariatkan. Jika tidak, maka ibadah itu tidak akan diterima.
Contoh: seseorang yang menyembelih kuda untuk kurban. Maka kurbannya
tidak sah, karena hewan yang boleh dijadikan kurban hanyalah unta, sapi
dan kambing. Dan ia menyalahi ketentuan syariat dalam jenisnya.
✔ Ketiga: Kadar (bilangan).
Kalau ada seseorang yang menambah bilangan raka’at pada shalat
tertentu, yang menurutnya hal itu diperintahkan, maka shalat tersebut
adalah bid’ah dan tidak diterima, karena tidak sesuai dengan ketentuan
syariat dalam jumlah bilangan rakaatnya. Jadi, apabila ada orang yang
shalat dzuhur lima rakaat umpamanya, maka shalatnya tidak sah.
✔ Keempat: Kaifiyah (cara).
Seandainya ada orang yang berwudhu dengan cara membasuh tangan, lalu
muka, maka tidak sah wudhunya, karena tidak sesuai dengan cara yang
telah ditentukan oleh syariat.
✔ Kelima: waktu.
Apabila ada
orang yang menyembelih hewan kurban pada hari pertama bulan Dzul
Hijjah, maka kurbannya tidak sah, karena waktu melaksanakannya tidak
menurut ajaran Islam.
Misalnya ada orang yang bertaqarrub
(mendekatkan diri) kepada Allah pada bulan Ramadhan dengan menyembelih
kambing. Amal ini adalah bid’ah, karena tidak ada sembelihan yang
ditujukan untuk bertaqarrub kepada Allah kecuali untuk kurban, hadyu
haji dan aqiqah. Adapun menyembelih (binatang) pada bulan Ramadhan
dengan keyakinan mendapatkan pahala atas sembelihannya, sebagaimana
dalam Idul Adha, maka termasuk bid’ah. Tapi kalau menyembelih hanya
untuk memakan dagingnya maka boleh-boleh saja.
✔ Keenam: Tempat.
Andaikata ada orang yang beri’tikaf di tempat selain masjid, maka tidak
sah I’tikafnya. Sebab tempat I’tikaf itu hanyalah di masjid. Begitu
pula, andaikata ada seorang wanita hendak beri’tikaf di dalam mushalla
rumahnya, maka tidak sah I’tikafnya. Karena tempat melakukannya tidak
sesuai dengan ketentuan syariat.
Contoh lain: seseorang yang
melakukan thawaf di luar masjid Al Haram dengan alasan karena di dalam
masjid sudah penuh, maka thawafnya tidak sah.
Karena tempat melakukan thawaf adalah baitullah, sebagaimana firman Allah subhaanahu wata’ala kepada Ibrahim al khalil:
“Dan sucikanlah rumah –Ku ini bagi orang orang yang thawaf.” (QS. Al Haj: 26).
✏ Kesimpulan:
Kesimpulan dari penjelasan di atas, bahwa ibadah seseorang tidak
termasuk amal shaleh, kecuali apabila memenuhi dua syarat, yaitu:
●Pertama: ikhlash (meng-esakan Allah dalam beribadah)
●Kedua: Ittiba' atau Mutaba’ah (mengikuti tuntunan Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam).
Dan ittiba' atau mutaba’ah ini tidak akan tercapai, kecuali dengan enam perkara yang telah diuraikan di atas.
_______________
By: Arfah Ummu Faynan
المرجع: الإبداع في كمال الشرع وخطر الابتداع , الشيخ محمد بن صالح العثيمين .
****
Home »
Kilauan Ibadah
» AGAR IBADAH TAK SIA-SIA
AGAR IBADAH TAK SIA-SIA
Written By Unknown on Senin, 02 Februari 2015 | 21.38
Label:
Kilauan Ibadah
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !