Headlines News :
Home » » DEFINISI AQIDAH DAN SYARI'AH

DEFINISI AQIDAH DAN SYARI'AH

Written By Unknown on Minggu, 22 Februari 2015 | 03.53


Aqidah menurut bahasa : 

Diambil dari Al Aqdu, yaitu menghubungkan  antara ujung - ujung sesuatu disertai adanya ikatan yang sangat kokoh. Asal penggunaan kata "al Aqdu" adalah untuk perkara yang maadiyyah ( Abstrak ) seperti tali dan bangunan, maka dikatakan ini adalah ikatan tali, ikatan bangunan.
Kemudian dipakai penggunan kata ini kepada perkara yang ma'nawi ( tidak kelihatan ) maka ketika ada ikatan yang kuat dikatakan : ikatan sumpah, ikatan janji, ikatan jual beli dan ikatan nikah.

Aqidah menurut istilah : Adalah prinsip-prinsip yang diyakini oleh manusia dengan keyakinan yang kuat, maka seolah-olah hati sanubarinya mengikatkan janji kepada prinsip-prinsip itu, maka hatinya tidak menerima keraguan, maka ia berpegang teguh dengan yang diyakininya dan berpegang teguh karena yang diyakininya itu. Pengertian Aqidah Islamiah : Adalah seperti definisi iman yang terdapat dalam hadist  jibril, yaitu sisi yang tersembunyi dari agama atau yang berhubungan dengan hati, yang dibangun diatas enam rukun, yaitu keimanan kepada Alloh, Malaikat, Kitab - kitab, para Utusan, hari akhir, dan keimanan kepada taqdir baik dan taqdir buruk.

Definisi Syari'ah : Syari'ah menurut bahasa: Diambil dari Assyar'u yaitu : menumpuh jalan yang terang. Syari'ah menurut  istilah :  Apa yang dianjurkan oleh Allah dalam agama dan yang diperintahkannya,berdasarkan firman Allah: (شرع لكم من الدين ( الشورى:13 " Dia telah mensyari'atkan bagi kamu tentang agama " ( QS:Asy syuuro:13.) Berdasarkan Firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala: (لكل جعلنا منكم شرعة ومنهاجا ( المائدة:48 "Untuk tiap - tiap ummat diantara kamu, kami berikan aturan dan jalan yang terang " 
( QS:Al- maa-idah 48.) Juga terdapat dalam Firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala: (ثم جعلناك على شريعة من الأمر ( الجاثية:18 " Kemudian Kami jadikan kamu berada diatas satu syari'at(peraturan) dari urusan (agama) itu " 
( QS : AL Jaatsiyah 18 ) Menurut ulama aqidah Syari'at itu memiliki dua pengertian secara umum : Pertama adalah syaria'at itu seperti pengertian aqidah. 
contohnya: adalah kitab As - syari'ah karya Al - Aajuri. Kedua adalah pengertian Syari'ah yang sudah umum bahwa Syari'ah yang dimaksudkan adalah pengertian islam yang terdapat dalam hadist jibril,  yaitu sisi yang nampak dari agama, adalah yang berhubungan dengan anggota badan yang dibangun diatas lima pondasi, yaitu kesaksian bahwa tidak ada sesembahan yang benar kecuali Allah dan Muhammad utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa dibulan ramadhan dan melaksanakan haji ke baitullah. Demikin, semoga bermanfa'at ------------ Makkah, 04/05/1436 H. Disarikan oleh Nuruddin Abu Faynan dari buku " Maadatu Al-Aqidah " Penyusun Dr Abu Zaid Makky Dosen Aqidah di Universitas Ummul Qura Makkah Al Mukarramah.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translator

 
Copyright © 2011. Nuruddin Abu Faynan, Lc. - All Rights Reserved