Headlines News :
Home » » SALAFY, BUKAN SEKEDAR PENGAKUAN

SALAFY, BUKAN SEKEDAR PENGAKUAN

Written By Unknown on Senin, 02 Februari 2015 | 22.02

Sebagian di antara mereka ada yang mengaku berada di atas madzhab salaf, sementara mereka bermudah-mudah & menyia-nyiakan (makna salafy), serta hanya cukup dengan pengakuan saja.

Adapun yang berada di atas manhaj salaf sesungguhnya adalah yang bersikap pertengahan & istiqamah antara "ifraath" dan "tafriith", mereka tidak berlebih-lebihan & tidak menggampangkan, inilah jalan salaf.

Bukan seperti yang terjadi pada sebagian orang-orang bodoh sekarang ini, yang menamakan diri mereka "Salafiyyin", namun mereka menyelisihi para salaf, mereka berlebih-lebihan, mereka mengkafirkan orang-orang selain mereka tanpa kebenaran, memfasiqkan & membid'ahkan orang lain tanpa memperhatikan kaidah-kaidah syar'i.


Sedangkan para ulama salaf dahulu tidak demikian, mereka tidak mengkafirkan, tidak membid'ahkan, tidak memfasiqkan orang lain kecuali berdasarkan dalil dari Al-Qur'an, bukan dengan hawa nafsu & kebodohan.

Jika engkau ingin menjadi seorang salafy sesungguhnya, engkau harus mempelajari manhaj salaf dengan itqan (bersungguh-sungguh dengan mengerahkan segala kemampuan), dan mengenal manhaj salaf dengan bashirah (ilmu berdasarkan dalil), lalu engkau mengamalkannya tanpa berlebih-lebihan & tanpa bermudah-mudah, Inilah manhaj (metode) As-Salaf Ash-Shaalih.

Adapun jika sekedar propaganda & pengakuan saja tanpa hakikat, ini hanya memadharatkan serta tidak bermanfaat.

*** 


By: Arfah Ummu Faynan 

Sumber:
"At-Ta'liiqaat At-Taudhiihiyyah 'ala Muqaddimah Al-Fatwa Al-Hamawiyyah", hal. 58-59, 
Syaikh Shaalih Al-Fauzaan,
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translator

 
Copyright © 2011. Nuruddin Abu Faynan, Lc. - All Rights Reserved