Headlines News :
Home » » MERENUNGKAN KASIH SAYANG ALLAH

MERENUNGKAN KASIH SAYANG ALLAH

Written By Unknown on Selasa, 17 Februari 2015 | 10.30

Allah memiliki nama-nama yang indah, di antaranya adalah AR-RAHMAN, artinya bahwa Allah memiliki sifat kasih sayang yang meliputi segala  sesuatu. 

(ورحمتى وسعت كل شيئ)الأعراف: 156
"Kasih sayangku meliputi segala sesuatu"

Oleh karena itu, Allah menggabungkan "nama AR-RAHMAN" dengan "bersemayan di atas 'Arsy", yang   menunjukan bahwa kasih sayang Allah sangat luas sekali


🌴 RENUNGAN 🌴

Di antara tanda-tanda kekuasaan Allah yang menunjukan sifat kasih sayang Allah:

💎 Renungan pertama: Kasih sayang Allah terhadap alam semesta dan hewan 

(إن الله يمسك السموات والأرض أن تزولا  ولئن زالتا إن أمسكهما من أحد من بعده إنه كان حليما غفورا) فاطر: 41
"Sesungguhnya Allah menahan langit dan bumi supaya jangan lenyap; dan sungguh jika keduanya akan lenyap tidak ada seorangpun yang dapat menahan keduanya selain Allah. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun"

Mari kita sama-sama renungkan di penghujung ayat tadi " Dia adalah Maha penyantun lagi Maha pengampun"

♥ Kalau bukan karena kasih sayang Allah kepada hamba-Nya tatkala Allah tidak menyiksa mereka disebabkan dosa-dosa mereka,

♥ Kalau bukan karena kelembutan dan ampunannya tentu Allah akan menghujani mereka dari langit (dengan segala macam siksaan).

(ولوأخد الله الناس بما كسبوا ماترك على ظهرها من دابة) فاطر:45
"Dan kalau sekiranya Allah menyiksa manusia disebabkan usahanya, niscaya Dia tidak akan meninggalkan dipermukaan bumi suatu makhluk yang melatapun"

💎 Renungan kedua: Kasih sayang Allah kepada manusia 

👉 Anda wahai manusia: siapakah yang dengan sebab kasih sayang Allah kamu ada didunia?.. padahal sebelumnya kamu itu tidak ada ?

Allah berfirman:
(هل أتى على الانسان حين من الدهر لم يكن شيئا مذكورا، إنا خلقنا الانسان من نطفة أمشاج نبتليه فحعلناه سميعا بصيرا) الانسان: 1-2.
"Bukankah telah datang atas manusia satu waktu dari masa, sedang dia ketika itu belum merupakan sesuatu yang dapat disebut?

👉 Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat" 

Coba renungkan saudara-saudarku … 

👉 Siapakah yang menyayangimu ketika anda ada diperut ibumu ditiga kegelapan?... 

👉 Anda tidak ada daya dan upaya, datang kepadamu makanan dan minuman dan anda pada waktu itu ditempat yang kokoh lagi benteng yang sangat aman. 

👉 Siapakah yang menyangimu tatkala kamu keluar dengan mudah dari perut ibumu?... 

👉 Kemudian hati ibumu begitu lembut sehingga menciumimu dengan penuh kasih sayang setelah anda  membuat ibumu lelah dan bersusah payah anda berada dalam kandungan ibumu selama 9 bulan.. 

👉 Dan siapakah yang melembutkan hati ayahmu sehingga berletih –letih untuk mendapatkan sesuap nasi untukmu dan memudahkah kehidupanmu?... 

👉 Kemudian Allah yang membuat bentukmu begitu sempurna dan membimbingmu dengan memberikan berbagai macam kenikmatan dimana Allah mengutus untukmu para utusan Allah untuk memberikan bimbingan untukmu sekalian agar anda mendapatkan keselamatan dan kebahagian, dengan mengutus seorang Rasul sebagai rahmat untuk semesta Alam 

(وماأرسلناك الا رحمة للعالمين)الأنبياء:107.
"Tidaklah kami mengutusmu kecuali sebagai rahmat bagi semesta Alam"

💕 KARUNIA ALLAH 💕 

Wahai saudara-saudaraku Kenikmatan apakah yang paling Agung? 

♥ Adalah kenikmatan islam dan iman , yaitu keni'matan yang anda raih bukan karena sebab kamu dan bukan pula karena keturunan, akan tetapi semata-mata karunia Allah. 

Diantara contoh syariat Allah yang paling jelas yang merupakan kasih sayang Allah kepada hambanya: 

👉 Shalat terkandung padanya kasih sayang Allah bagi siapa saja yang mau merenungkannya, sholat adalah hubungan antara seorang hamba yang lemah dengan penciptanya dan majikannya, maka anda dipersilakan untuk berdialog dalam sehari 5 kali bahkan lebih , hubungan ini adalah seagung agungnya  kasih sayang Allah kepada para hambanya. 

👉 Kemudian Allah mengizinkan kepadamu untuk mengangkat segala kebutuhanmu kepada Nya kapan saja yang engkau inginkan tanpa ada perantara, subhanallah! 

Saudara-saudaraku, kasih sayang manakah yang paling agung dari pada ini?? 

👉 Begitu pula kasih sayang Allah kepada wanita muslimah, kalau kita merenungkannya berangkat dari nama Allah yang Agung ini tentu wanita muslimah hatinya pasti akan tenang dengan keimanan dan tentu wanita muslimah tidak menentang hukum Allah yaitu kewajiban mengenakan jilbab, bagaimana dia menentang hukum Allah yang merupakan kasih sayang Allah untuk seorang wanita muslimah untuk menjaga kehormatannya agar tidak dipermainkan oleh laki-laki yang hanya sekedar melampiaskan syahwatnya? 

Semoga bermanfa'at. 

Bersambung,, 

-------------- 

Makkah 29/04/1436 H. 

Di sarikan oleh Nuruddin Abu Faynan dari kitab
"Atta'abbud bil Asma wassifat " karya Walid Bin Fahd Al- Wad'an
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translator

 
Copyright © 2011. Nuruddin Abu Faynan, Lc. - All Rights Reserved